Legenda pelatih Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson, menorehkan sejumlah prestasi gemilang dan dianggap salah satu pelatih tersukses di sepak bola. Pria asal Skotlandia itu meraih banyak gelar bersama Manchester United.

Selama 26 tahun melatih Setan Merah, Ferguson meraih 38 gelar bergengsi. Total, ia memimpin Manchester United dalam 1.500 pertandingan dengan hasil 895 kemenangan, 338 hasil imbang dan 267 kekalahan.

Meski punya prestasi fantastis, Ferguson tetaplah manusia biasa. Ia juga beberapa kali berseteru dengan anak asuhnya. Ada tiga pemain yang pernah ribut besar dengan Ferguson. Siapa saja mereka?

Berikut 3 pemain MU yang pernah berseteru dengan Sir Alex Ferguson:

1.) Jaap Stam

Stam membela MU selama tiga musim. Di eranya, pemain asal Belanda itu adalah bek paling tangguh tidak hanya di Liga Inggris, tapi juga di dunia. Bermodal tinggi 193 cm, Stam tak hanya jago duel udara, ia juga memiliki tekel keras dan sulit dilewati lawan.

Maka tak heran dunia sepak bola terkejut ketika Ferguson memutuskan menjual Stam ke Lazio pada 2001. Ferguson ternyata tidak senang dengan isi buku Stam ‘Head to Head’.

Dalam buku itu, Stam banyak membongkar rahasia Setan Merah termasuk pendekatan ilegal Ferguson kepada Stam saat masih membela PSV Eindhoven.

2.) Ruud Van Nistelrooy

Van Nistelrooy adalah salah satu striker terbaik dalam sejarah MU. Instingnya di kotak penalti sempurna. Selama memperkuat MU, Van Nistelrooy tampil dalam 219 pertandingan dan melesakkan 150 gol.

Ketergantungan MU ini justru membuat Van Nistelrooy jadi arogan. Ia protes keras setelah Ferguson lebih memilih memainkan Louis Saha di final Piala Liga.

Van Nistelrooy juga kerap meledek Cristiano Ronaldo yang saat itu masih bocah dan baru kehilangan ayahnya. Pada akhirnya, kesabaran Ferguson habis dan dia menjual Van Nistelrooy ke Real Madrid.

1.) David Beckham

Beckham adalah primadona di Old Trafford. Umpang silangnya dari sisi kanan selalu memanjakan deretan striker MU. Tendangan bebasnya juga sangat mematikan. Ferguson juga sangat menyayangi Beckham yang merupakan pemain binaan asli Setan Merah.

Namun, semua berubah setelah Beckham menikah dengan Victoria. Ferguson kesal dengan sorotan kepada Beckham, salah satu contohnya seperti media-media Inggris berkumpul di Carrington hanya untuk melihat model rambut baru Beckham.

Hal-hal seperti ini mulai ikut mempengaruhi rekan-rekan Beckham. Puncaknya ketika MU kalah di final Piala FA dari Arsenal. Beckham tampil buruk di laga tersebut dan terlambat mundur saat Arsenal mencetak gol kedua.

Usai pertandingan, Ferguson secara tak sengaja menendang sepatu ke arah Beckham di ruang ganti. Beckham pun membela diri dan merasa tak bermain buruk. Pada akhirnya, MU memutuskan menjual Beckham ke Real Madrid.

Categories: Blogging