Robert Alberts, pelatih PSM Makassar mengungkapkan alasan tim pelatih memilih Zulkifli Syukur jadi kapten utama Juku Eja menghadapi Liga 1 2018.

“Zulkifli adalah pemain paling senior di PSM. Pengalaman bermain di berbagai klub besar Indonesia dan timnas jadi alasan utama kami memilih dia jadi kapten,” ujar Robert dalam rilisnya yang diterima Bola.com, Kamis (8/2/2018).

Sebelum ke PSM, Zulkifli pernah tampil bersama sejumlah klub besar di tanah air. Diantaranya Arema Indonesia, Persib Bandung, Mitra Kukar dan Borneo FC.

Bersama Arema Indonesia, mantan kapten timnas ini merasakan gelar juara Liga Super Indonesia pada musim 2009-2010. Dia pun pernah bersama Mitra Kukar merengkuh gelar Piala Sudirman pada 2015.

“Kami berharap kematangan Zulikifli sebagai pemain jadi panutan juniornya di PSM,” jelas Robert.

Pada musim lalu, ban kapten PSM dipegang oleh Hamka Hamzah yang memilih hengkang ke Sriwijaya meski masih dipertahankan Juku Eja.Faktor usia dan pengalaman juga jadi kriteria Robert memilih Ardan Aras dan Hendra Wijaya sebagai kapten kedua dan ketiga Juku Eja.

“Seperti Zulkifli, Ardan memiliki leadership yang baik. Sedang Hendra kami pilih sebagai kapten ketiga sebagai bentuk apresiasi pelatih karena sampai saat ini masih setia bersama PSM,” papar Robert.

Di lain pihak, PSM juga menetapkan Rivki Mokodompit sebagai kapten keempat. “Rivki adalah kiper paling senior di fifacash. Kami berharap dia jadi pembimbing kiper PSM yang lain.

“Robert pun menunjuk Wiljan Pluim, sosok pemain asing sebagai kapten kelima. “Sebagai pemain asing, sosok Pluim sangat berpengaruh pada permainan tim,” tutup Robert.

Categories: Blogging