KESEHATAN

Penyakit diabet apa obatnya yang manjur ?

Banyak sekali promosi-promosi tentang pengobatan penyakit diabetes saat ini. Mulai dari kampanye dari dinas kesehatan maupun dari pihak swasta yang mengklaim dapat mengobati penyakit kelainan metabolis ini. Namun perlu diketahui dengan benar dulu bahwa sebenarnya untuk saat ini diabetes melitus belum dapat diobati secara tuntas dan menyeluruh. Kerancuan dari berbagai pihak yang menjual obat-obatan diabetes perlu menggarisbawahi bahwa obat yang tersedia saat ini bukan pemyembuhan diabetes akan tetapi mengontrol kadar gula dalam darah. Sehingga diperlukan tingkat kedisiplinan yang tinggi dalam proses penatalaksanaannya agar tercapai kualitas hidup yang optimal walaupun mengidap diabetes. Jangan terjadi kesalahpahaman bahwa setelah mengkonsumsi suatu obat maka si penderita berasumsi bahwa penyakitnya hilang ditelan bumi seketika. Kemudian dia menjadi malas berobat atau mengkonsumsi obat tersebut. maka dapat dipastikan tingkat glukosanya naik lagi.

Ada baiknya sebelum memutuskan jenis pengobatan apa yang hendak diambil, perlu berkonsultasi dulu dengan dokter agar tidak pengobatan yang dijalankan berjalan sesuai yang diharapkan. Beberapa jenis penanganan yang dapat dijadikan referensi pengobatan diabetes melitus .

Berbagai jenis pengobatan dan penanganan diabetes melitus :

  • Insulin. Dikarenakan diabetes melitus ini disebabkan adanya defisiensi insulin, maka pengobatannya pun ditujukan dengan pemberian insulin buatan ke dalam tubuh melalui suntikan dan pompa insulin.
  • Obat-obatan oral antidiabetes. Obat-obatan ini diharapkan mampu merangsang fungsi kerja insulin agar dapat bekerja secara maksimal dalam mengolah glukosa. Meningkatkan fungsi kerja organ-organ dalam lain yang mendukung sistem kerja pankreas.
  • Obat-obatan herbal. Saat ini telah ditemukan berbagai macam jenis pengobatan diabetes melitus secara herbal. Baik secara tradisional dengan berbagai macam jenis daun dan tumbuhan , ataupun dengan pengobatan bekam maupun secara modern dengan cara terapi ozonĀ 
  • Melakukan pola hidup sehat, baik dengan cara merubah pola diet sehat maupun olah raga yang sesuai dengan kemampuan penderita
  • Istirahat yang cukup, memberikan waktu relaksasi bagi tubuh untuk beisirahat
  • Hindari stress dan tekanan yang dapat menimbulkan trauma fisik dan mental
  • Berhenti merokok dan konsumsi alkohol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *